• 3 Oktober 2023

Wisuda Purna Siswa di SMPN 2 Bantul, Jangan Abaikan Pendidikan Karakter

Wisuda Purna Siswa di SMPN 2 Bantul, Jangan Abaikan Pendidikan Karakter

Wisuda Purna Siswa di SMPN 2 Bantul, Jangan Abaikan Pendidikan Karakter 1024 598 SMP Negeri 2 Bantul

Wisuda Purna siswa di SMPN 2 Bantul menjadi momentum melakukan evaluasi hasil belajar agar ke depan menjadi lebih baik. Meski dengan kelulusan mencapai 100 %, namun perjuangan untuk meraih massa depan belumlah selesai. Sementara dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), di SMP Negeri 2 Bantul, seperti sekolah lain dimulai Senin (12/6) hari ini dengan kuota 192 siswa.

“Selaku Kepala SMP Negeri 2 Bantul bersyukur karena anak-anak kita, siswa kelas 9 itu bisa lulus 100% dengan pencapaian nilai luar biasa. Alhamdulillah menurut saya nilai tertingginya adalah 383 kemudian untuk ASPD anak-anak kita itu ada yang mendapatkan nilai 100 untuk mata pelajaran matematika atau numerik, ada 9 anak yang mendapatkan nilai 100. Untuk nilai ujian sekolah alhamdulillah itu banyak siswa yang mendapatkan nilai 100 untuk mata pelajaran matematika dan lainnya, harapannya untuk kedepannya bisa meningkat lagi,” ujar Kepala SMP N 2 Bantul, Dra Kusmiyati, M. Pd didampingi Sunardi, M. Pd.

Dijelaskan, perolehan nilai ASPD sangat diperlukan untuk kelanjutan studi siswa ke jenjang lebih tinggi. Tidak hanya sampai jenjang SMA atau SMK, tapi bisa ke strata 1, 2 dan 3. Dijelaskan, selain supaya terus meningkatkan prestasi akan lebih siswa. SMP N 2 Bantul juga punya komitmen tidak mengabaikan prestasi di non akademik. Dengan demikian prestasi siswa bisa berkembang bersama. Kusmiyati berpesan, siswa yang melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih untuk selalu meningkatkan belajarnya. “Tapi juga jangan sampai melupakan pendidikan karakternya di rumah dengan keluarga. Kalau karakter anak itu bagus insya Allah nanti prestasi akademik maupun non akademik juga bagus. Karena dari karakter anak itu kan nanti bisa mempengaruhi kedisiplinan, agamanya, dan juga tanggung jawab kemandirian,” ujarnya.

Sedang dalam PPDB di SMP N 2 Bantul, punya kuota 192 dengan berbagai macam jalur antara lain yaitu jalur zonasi lingkungan sekolah mempunyai kuota 5% atau 10 siswa, kemudian zonasi Kabupaten 10% atau 19 siswa, selanjutnya jalur prestasi 35% atau 66 siswa. “Jalur prestasi prestasi itu dibagi dua prestasi dalam kabupaten itu kita 25% atau 48 siswa kemudian luar kabupaten 5%, jadi nanti dari luar kabupaten Bantul itu bisa mendaftar dengan kuota 5% atau 10 siswa. Perpindahan orang tua 5% atau 10 siswa dan jalur afirmasi 15% atau 29 siswa,”jelasnya. <B>(Roy)

Leave a Reply

1 × four =